System pewarnaan pada CorelDRAW 12

by - January 28, 2019

Salam sukses.  Ya, kali saya akan membahas tentang pengenalan palette warna dalam CorelDRAW 12. Ok langsung saja ke pembahasan.
Pada keadaan default, ada dua system pewarnaan pada CorelDRAW 12, yakni CMYK dan RGB. Sistem pewarnaan dalam dunia desain grafis yang cukup terkenal dan umumnya dipakai dalam dunia percetakan yang merupakan system pewarnaan 32 bit adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black) yang bekerja pada dasar warna putih(kertas). Dari komposisi warna-warna tersebut dapat dihasilkan berjuta-juta warna yang dapat dilihat pada media percetakan, seperti printer warna dan mesin cetak separasi.
                Sistem pewarnaan RGB(Red, Green, Blue) adalah jenis pewarnaan 24 bit(True Color) yang dihasilkan dari percampuran warna dasar merah, hujau, dan biru. Ketiga warna tersebut bekerja pada dasar hitam (tanpa cahaya). System pewarnaan ini umumnya dipakai untuk mecetak foto-foto, pada televise bewarna, dan pada monitor. Anda dapat menentukan tujuan pewarnaan sesuai desain gambar, misalnya untuk membuat brosur atau kartu nama, Anda dapat menggunakan system CMYK dan unutk membuat banner pada website lebih baik menggunakan system RGB.
                Untuk memahami penggunaan Color Palette, buatlah sebuah objek lingkaran pada CorelDRAW 12, lalu klik pada Color Palette warna yang akan diterapkan pada objek lingkaran tersebut. Klik kanan pada Color Palette jika ingin member warna garis tepi (outline) objek.


Gambar: Palette Warna pada CorelDRAW 12

You May Also Like

0 komentar