Fungsi Komponen pada Lembar Kerja Microsoft PowerPoint

by - March 23, 2019

Pengenalan lembar kerja Microsoft PowerPoint


Dengan mengenal dan memahami lembar kerja Power Point akan memudahkan Anda dalam bekerja. Lembar kerja adalah area slide yang berfungsi untuk merancang, membuat, dan menentukan efek dari slide. Berikut ini komponen-komponen yang terdapat dalam lembar kerja Microsoft PowerPoint.
1.      Title Bar(Baris Judul)
Titel bar atau baris judul adalah baris informasi yang menunjukkan nama file yang aktif. Pertama kali power paint diaktifkan, title bar tertulis Presentasi 1 -  Microsoft PowerPoint. Setelah file disimpan, title bar akan tertulis dengan nama yang Anda tentukan sendiri.
2.      Control Menu Box (Kotak Menu Kontrol)
Control Menu Box adalah menu control yang digunakan untuk mengontrol jendela Microsoft PowerPoint yang sedang aktif. Control menu box terletak disebelah sudut kiri atas jendela PowerPoint pada title bar.
3.      Menu Bar
Menu bar adalah baris menu yang berisi daftar perintah-perintah Microsoft PowerPoint. Perintah yang terdapat dalam menu bar disebut dengan menu pull-down, yaitu menu dalam bentuk teks yang disalah satu hurufnya digarisbawahi. Menu bar terdiri atas perintah menu pull-down, taitu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Slide Show, Windows, dan Help. Untuk mengaktifkan menu pada menu bar dapat dilakukan dengan tiga cara sebagai berikut.
a.       Klik menu yang akan diaktifkan.
b.      Menekan tombol Alt + huruf yang digarisbawahi dalam menu.
c.       Menekan F10 + arrow key (anak panah kiri, kanan, dan bawah).
4.      Menu Toolbar
Menu toolbar adalah menu yang dilambangkan dengan gambar-gambar yang disebut ikon. Ikon pada toolbar merupakan perintah singkat yang mewakili suatu perintah tertentu, sehingga mempermudah dan mempercepat proses. Ikon dalam toolbar dikelompokkan berdasarkan operasi yang dilakukan, misalnya too;bar Standard berisi ikon Open, Save, dan Print. Secara dafaut yang pertama kali aktif adalah toolbar Standard, Formatting, dan Drawing. Ketiga toobar tersebut yang paling sering digunakan dalam bekerja dengan PowerPoint.
5.      Question Tag
Question tag adalah fasilitas yang membantu pengguna program PowerPoint untuk bertanya terhadap perintah-perintah atau hal-hal yang belum dimengerti. Anda dapat mengetikkan suatu kata kunci pertanyaan pada Question Tag. Misalnya, Anda dapat menanyakan tentang cara  penyisipan gambar, Anda dapat mengetikkan kata kunci Insert Picture, maka PowerPoint akan menampilkan informasi tentang Insert dan Picture.
6.      Control Tab(Tab Kontrol)
Control Tab adalah tab pengontrol bentuk tampilan lembar kerja, yaitu bentuk Outline atau bentuk Slides. Bentuk tampilan Outline akan menampilkan lembar kerja dalam bentuk teks, sedangkan bentuk tampilan slides akan menampilkan lembar kerja dalam bentuk slide presentasi.
7.      Slides (Lembar Kerja)
Slide adalah lembar kerja tempat pembuatan presentasi dan merupakan lembar kerja yang sedang aktif.
8.      Placeholder (Ruang Teks)
Placeholder adalah ruangan tempat pengetikan suatu teks dan penempatan suatu objek. Placeholder untuk teks dikelilingi kotak dengan garis putus-putus. Pada placeholder  tertulis Click to add title, yang berarti Anda dapat mengklik area tersebut untuk membuat objek.
9.      Tab View (Tab Tampilan Slide)
Tab view adalah tab yang  berfungsi untuk menentukan tampilan slide pada jendela PowerPoint. Tab view terdiri atas tiga, yaitu normal view, Slide Senter View, dan Slide Show from Current Slide. Anda dapat mengklik salah satu salah satu tab untuk menentukan tampilan slide. Normal View digunakan untuk menampilkan slide dalam bentuk normal. Slide Sorter View digunakan untuk menampilkan slide secara keseluruhan dalam urutan halaman. Slide Show form Current Slide digunakan untuk menampilkan slide satu halaman dari slide yang aktif. Tab view terletak disebelah kiri bawah lembar kerja.
10.  Notes Area (Area Catatan)
Notes area adalah tempat membuat catatan-catatan sebagai deskripsi atau pengingat dari slide yang dibuat. Misalnya, Anda membuat sebuah slide dengan efek animasi teks Emphasis. Agar tidak lupa dengan efek yang diberikan, Anda dapat mengetikkan catatan pada notes area. Notes area terletak dibagian bawah slide yang aktif.
11.  Status Bar (Baris Status)
Status bar adalah baris status yang berisi informasi tentang halaman slide yang aktif, jumlah halaman slide, bentuk desain dari suatu presentasi, dan penggunaan bahasa untuk melakukan spelling (pengecekan ejaan bahasa).
12.  Taks Panes
Taks panes adalah menu yang terletak disebelah kanan jendela PowerPoint yang isinya disesuaikan dengan pekerjaan yang sedang dilakukan. Task Panes akan menampilkan menu yang berbeda ketika Anda melakukan perintah tertentu. Misalnya ketika Anda akan mengubah bentuk desain tamplate, akan berbeda ketika Anda melakukan pembuatan file baru.

Sekian yang bisa saya bagikan kepada para pembaca, disini saya menggunakan Microsoft PowerPoint 2003. Saya ucapkan terima kasih kepada paca pengunjung, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

You May Also Like

3 komentar

  1. Komponen yang tidak bisa dibuat melalui powerpoint adalah?

    ReplyDelete
  2. Komponen yang seperti apa? setau penulis semua komponen yang penulis share di artikel bisa digunakan.

    ReplyDelete