Cara Memasukkan Video, Suara di Microsoft PowerPoint

by - April 15, 2019

Selamat datang di blog Febritsm, langsung saja.

Penyisipan objek, Audio, dan Video pada Presentasi
Objek dalam bentuk gambar, baik Clip Art, WordArt, maupun objek dari program grafis lain merupakan hal yang membuat presentasi lebih menarik. Oleh karena itu, ke dalam bahan presentasi dapat disisipkan atau ditambahkan objek, audio, dan video agar presentasi terlihat dinamis dan menarik. Presentasi audio mampu mengeluarkan suara dan presentasi video dapat menampilkan gambar bergerak.
            Pembuatan presentasi dan penyisipan objek, audio, atau video sebenarnya telah disediakan fasilitasnya pada slide layout, yaitu slide layout yang memiliki layout content. Slide layout content dapat Anda gunakan untuk menyisipkan object, audio, dan video. Selain itu, Anda dapat menyisipkan objek, audio, dan video dengan menggunakan menu bar.
Penyisipan objek
Penyisipan objek berarti memasukkan suatu objek, baik dalam bentuk gambar ataupun dalam bentuk dokumen dari aplikasi lainnya. Objek yang disisipkan dapat Anda edit dengan cara mengklik dua kali objek bersangkutan. Berikut langkah-langkahnya.
·         Klik menu Insert.
·         Klik Object, kemudian tampil kotak dialog Insert Object.
·         Klik opsi Create from file.
·         Klik Browse untuk mencari file yang akan disisipkan,
·         Klik OK, kemudian pada slide akan ditampilkan objek yang dibuat oleh aplikasi
Gambar objek dokumen yang telah disisipkan
Pada contoh objek diatas, Anda dapat mengedit objek tersebut dengan cara mengklik dua kali pada objek hingga tampil aplikasi dari objek yang bersangkutan, misalnya objek dari CorelDRAW.
Penysipan Audio Melalui Clip Organizer
Keunggulan dari Microsoft PowerPoint adalah kemampuan untuk menyisipkan efek multimedia ke dalam presentasi. Efek multimedia dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi audiens. Yang termasuk dalam efek multimedia adalah suara(audio) dan gambar bergerak(video). Berikut langkah-langkah untuk menyisipkan efek multimedia suara melalui Clip Organizer.
·         Klik menu Insert.
·         Arahkan Mouse pada Movies and Sounds.
·         Klik Sound from Clip Organizer.
·         Kemudian pada jendela task pane Insert Clip Art, pilihlah file suara yang diinginkan.
·         Klik panah Option.
·         Klik insert.
·         Kemudian akan tampil kotak informasi sound to start. Klik automatically, bila suara akan dijalankan secara otomatis pada saat slide ditampilkan. Jawab when Clicked, bila akan dijalankan dengan cara mengklik pada saat slide ditampilkan.
·         Kemudian di lembar presentasi akan ditampilkan ikon Sound.
Baiklah sekian yang bisa saya share kepada teman-teman, selamat mencoba dan semoga berhasi. Disini saya menggunakan Microsoft PowerPoint 2003, jdi tampilannya agak berbeda dengan versi di atasnya.

Terima kasih.

You May Also Like

0 komentar