Pengertian Database dan Dasar-dasar Microsoft Access

by - June 15, 2019

Selamat datang di blog Febritsm.
Dasar-Dasar Microsoft Access

MS Access dikenal sebagai program basis data komputer relasional yang biasanya digunakan untuk mendesain, membuat serta mengolah berbagai jenis data dengan kapasitas yang cukup besar. Perlu Anda ketahui program ini menggunakan tampilan grafis yang sederhana sehingga memudahkan pengguna.

MS Access ini dapat membuka file yang berformat lain, seperti Microsoft Database Engine, Microsoft SQL Server, dan Oracle. Untuk Anda yang ahli tentu dapat memanfaatkan untuk pengembangan software yang lebih kompleks lagi. Tetapi jangan khawatir untuk Anda yang masih awam dalam penggunaan MS Access , karena Anda dapat memanfaatkan program untuk pengembangan software tapi sederhana.

Apakah Itu Database?
Yakni kumpulan informasi yang tersimpan di dalam komputer yang sismatik sehingga dapat diolah menggunakan aplikasi atau program komputer untuk mendapatkan informasi dari basis data tersebut. Database adalah perangkat yang berfungsi dan digunakan pada kegiatan sehari-hari. Misalnya ketika Anda ke sebuah took dan membeli sebuah barang, misalnya saja kemeja. Sesampainya di kasir si karyawan akan memasukkan dan mengakses data harga kemeja dank ode barang yang Anda beli itu dari komputernya. Kalau Anda bingung mengenai database maka bayngkan saja sebagai daftar list tentang informasi barang atau apa saja. Misalnya database murid di sebuah sekolah, maka isinya adalah nama lengkap murid, jenis kelamin, alamat, tempat dan tanggal lahir. Keterangan lain misalnya murid itu adalah murid pindahan dari sekolah lain atau tidak, atau pernah naik kelas atau tidak.

Sesederhananya, misalnya Anda hendak membagikan oleh-oleh setelah Anda pulang dari luar kota. Ada bermacam-macam oleh-oleh yang akan dibagikan kepada teman Anda. Maka daftar list yang dibuat adalah nama teman Anda dan jenis oleh-oleh.

Contoh lain yang mungkin lebih kompleks lagi, misalnya Anda adalah seorang pengusaha ketering maka database akan berisi lebih banyak lagi daftar. Antara lain daftar pelanggan, daftar menu, daftar harga, daftar pesanan, alamat pelanggan. Maka semakin banyak daftar yang dibuat maka database makin lengkap.

Jika mengacu pada MS Access, daftar akan memuat informasi yang mirip dengan tabel. Maka tidak salah jika objek tadi disebut dengan tabel. Misalnya saja berisi daftar nama siswa seperti dibawah ini.

Gambar Daftar atau List bagian dari database


Untuk Apakah Database Itu?
Mungkin Anda berfikir kenapa tidka membuat tabel daftar itu dengan menggunakan MS Excel saja? Kenapa pula harus memakai MS Access?  Ok, MS Excel memang sangat berkopeten untuk membuat tabel berisi data berupa angka dan mampu mengolahnya, tetapi untuk data-data yang non-numerik seperti daftar nama ataupu deskripsi maka MS Access inilah ahlinya. Dengan MS Access, data non numerik dapat diatur menggunakan database, bila dibandingkan dengan MS Excel.

Kelebihan database bila dibandingkan dengan acar pengaturan data ialah konektivitas. Karena MS Access adalah database yang rasional. Yakni mampu mengetahui bagaimana daftar dan objek di database berhubungan satu sama lain. Seperti membuat dua daftar, nama teman dan jenis oleh-oleh yang akan dibagikan. Maka Anda dapat menambahkan daftar ketiga, yakni jenis oleh-oleh kepada nama si  A, misalnya. Jadi daftar baru ini hanya terdiri atas nama teman dan jenis oleh-oleh.

Terus terang saja, untuk MS Excel, masalah konektivitas ini tidak bisa dilakukan karena data berbeda dan tidka saling terkait. Tapi, jika masih memaksa juga menggunakan MS Excel maka yang Anda lakukan adalah memasukkan semua informasi tentang nama teman atau tentang jenis oleh-oleh secara manual. Itu sungguh membutuhkan kejelian dan kesabaran.

Secara karakteristik, databes hampir mirip dengan cara berfikir manusia, yakni jika ada kata yang muncul di beberapa tabel yang berbeda maka hal ini akan mengarah pada hal yang sama. Dengan demikian, pekerjaan Anda dalam mengatur data dijamin lebih mudah.

Dengan database, Anda dapat memasukkan, mencari, dan menganalisa data lebih dari satu tabel di satu waktu waktu tertentu. Jika dengan MS Excel, hal ini kan sangat sukar dilakukan. Jika saja Anda memaksakan melakukannya dengan MS Excel maka ha itu justru akan membebani Anda, karena tidak mungkin dilakukan dengan langkah cepat. Bukankah Anda ingin bekerja secara cepat?


Baiklah cukup sekian dulu yang bisa saya share tentang MS Access, akan saya lanjutkan di artikel selanjutnya. Terima kasih untuk pembaca semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Bagi yang suka video Mobile Legend silahkan kunjungi chanel Youtube saya


You May Also Like

0 komentar