Cara Membuat Report Sederhana untuk Pemula di Microsoft Access

by - October 24, 2019

Selamat datang di Blog Febritsm

Apakah fasilitas report itu? Yakni fasilitas yang digunakan untuk menampilkan output data yang di ambil dari tabel atau query. Report dapat diartikan dengan kata laporan. Report adalah salah satu fungus Microsoft Access yang membantu pengguna membuat laporan mengenai data-data yang ada dalam database. Contohnya membuat laporan atas transaksi penjualan dan pembelian di supermarket, laporan data pegawai sebuah perusahaan, laporan inventaris kantor, atau data barang di gudang.

Membuat Report Sederhana
Ada berbagai cara untuk membuat report, yang pertama adalah report sederhana atau disebut standard report. Report sederhana dapat lagsung dibuat dengan memilih tabel yang akan digunakan sebagai sumber data. Agar Anda tahu bagaimana pembuatan report sederhana, simak langkah-langkah di bawah ini:
Klik pada tabel atau query yang dibuat report-nya. Seperti tabel Mahasiswa yang telah kita buat diartikel sebelumnya.
Klik tab menu Create, pada grup Reports klik Report.
Maka akan muncul tampilan report standar, yang mana report ini harus Anda atur lagi agar terlihat lebih rapih.
Untuk malakukan kustomisasi, Anda ubah tampilan ke desain view maka klik View > Desaign View.
Pada tampilan desain view, Anda dapat mengatur lebar field tertentu dengan klik ujung field, dan men-drag ke atas yang dinginkan.
Anda juga dapat men-drag maing-masing kolom ke dalam margin.
Anda dapat mengtur teks, yakni teks dihalaman diganti dari “Page” ke “Halaman”. Caranya seleksi pada “Page” terlebih dahulu yang ada di antara dua tanda petik dua.
Lalu ketik “Halaman” untuk mengganti “Page” dari “dari” untuk “of”.
Jika dilihat di tampilan preview, Anda dapat melihat ukuran field menjadi di dalam margin, dan tulisan “Page” berubah menjadi halaman.
Anda dapat mengtur teks pada page header. Caranya dengan membuka tampilan desain (Desain View), lalu klik header tabel yang akan diganti, seperti “Nomor”.
Misalnya ganti “Nomor” menjadi “No”, dang anti “Kelas” menjadi “Kls”.
Ganti “Alamat_rumah” dengan memilihnya terlebih dahulu. Selanjutnya ganti “Alamat Rumah” dan tekan tombol Enter.
Selanjutnya pilih pada semua field di record, lalu klik kanan dan pilih Special Effect lalu pilih efek bayangan.
Anda juga dapat memberikan efek warna pada shape apa pun. Misalanya pada header tabel dengan memilih pada semua shape. Kemudian klik tab menu Format lalu pilih Shape Fill lalu pilih warna.
Anda dapat mengganti juga warna teks untuk menyesuaikan background fill yang sudah dibuat.
Efek teks, seperti Bold (tebal), Italic(garis miring), dan Underline(garis bawah) juga dapat digunakan.
Simpan dengan menekan shortcut Ctrl+S dan simpan dengan nama “ReportMahasiswa”.


Sekian yang bisa saya Share semoga bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

You May Also Like

0 komentar