Cara Mendesain Laporan Agara Terlihat Lebih Indah di Microsoft Access
Selamat datang di Blog Febritsm
Membuat
Report Design
Selain
report yang sederhana, kini saatnya Anda membuat report desain, yakni pembuatan
report dengan pengaturan lebih bebas, antara lain:
Pilih
tabel yang dibuat rpoert-nya dengan mengklik panel All Access Objects.
Klik
tab menu Create lalu klik Report Design pada grup Reports.
Maka
tampilan report kosong di tahap desain. Di sino Anda dapat melakukan report
sesuai kebutuhan Anda.
Di
kondisi pertama, hanya Page Header, Detail, dan Page Footer.
Cara
untuk menampilkan Report Header dan Report Footer, klik kanan di sembarang
tempat, lali klik menu Report Header/Footer.
Tampilan
Report Header dan Report Footer akan tampil dihalaman desain pada jendela
Report Design.
Sementara
Report Footer ada di bagian paling bawah.
Anda
dapat mengatur ketinggian dari masing-masing panel sesuai dengan kebutuhan.
Pada Detail misalnya, jika hendak menampilkan dalam satu record per baris, maka
perlu dikhususkan.
Ukurab
lain seperti Page header dan Page Footer harus seimbang.
Buka
field yang akan dimasukkan ke report. Selanjutnya drag field kelas dari tabel
Mahasiswa.
Tampilan
tekbox dan label akan muncul. Labelnya tidak diperlukan karena akan diletakkan
di bagian Page Header supaya tidal mengulang-ulang. Karena itu, hapus dengan
menyeleksinya, lalu tekan perintah Delete pad keyboard.
Pada
textbox Kelas, klik dan geser ke posisi kiri bagian Details.
Anda
dapat memasukkan field Nama. Ketika field nama masuk maka labelnya musti
dihapus di bagian Detail.
Hapus
Label sehingga tinggal textbox Nama saja. Lalu atur panjang sesuai kebutuhan.
Masukkan
field Alamat-Rumah, maka tampilan label juga masuk di tabel Details.
Hapus
label, dan ubah ukuran panjang field Alamat rumah agak panjang sesuai dengan
kebutuhan.
Cara
untuk memasukkan label di bagian Page Header, klik pada ikon Label di tab menu
Design bagian Control.
Pertama
buatlah di atas field kelas di Page Header, lalu tulis “Kelas”.
Masukkan
label “Nama”, dan letakkan di atas field Nama.
Masukkan
label “Alamat” untuk field “Alamat_Rumah”.
Pilih
ketiga label tersebut untuk diformat. Yakni memilih ketiganya lalu klik satu
label sambil tekan tombol Ctrl lalu klik field lainnya.
Cara
untuk member background warna, klik tab menu Format lalu klik pada Shape Fill
lalu pilih warna.
Gunakan
kontak Font di Format untuk memformat ukurab, alignment, dan style format.
Report
Header digunakan untuk memberikan judul report. Masukkan dengan klik pada ikon
Label pada grup Controls, setelah sebelumnya mengatur ukuran panel Report
Header.
Masukkan
label dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya sesuai dengan kebutuhan.
Isikan
judul report, misalnya “Data Mahasiswa”.
Format
font dan lainnya dengan menggunakan tool yang disediakan di tab menu Format.
Dalam
kondisi awal, label ini memiliki garis dan border. Ini kurang sesuai jika
digunakan untuk judul. Anda dapat menghapus dengan klik kanan lalu memilih menu
Properties.
Dibagian
Properties pilih label tersebut, dan atur Border Style ke Transparent jika
tidak mau menggunakan border.
Tampilan
judul akan hilang border-nya. Begitu juga dengan tampilan di panel Detail, klik
detail, pilih border style ke transparent.
Masukkan
halaman di Page Footer dengan mengklik tab menu Design, di grup Header/Footer
klik Page Numbers.
Tentukanlah
format nomor halaman, apakah hanya menampilkan halaman ke-n, atau halaman ke-n
dari m halaman.
Tentukanlah
posisi di pilihan Position, dan tentukan aligment kanan atau kiri di combo box
Aligment.
Halaman
dapat di atur ulang teksnya dengan memilih teks, maka terlihat kotak teks akan
memunculkan pointer yang dapat diedit.
Anda
dapat mengganti teks yang ada di antara tanda petik dua.
Suatu
report dapat menyesuaikan lebih dari satu tabel. Klik pada field Dosen di tabel
Dosen. Laporan yang ingin dibuat akan menggunakan grouping untuk mengelompokkan
data mahasiswa berdasarkan Dosen-nya.
Sementara
Anda dapat memasukkan field tersebut di bagian Detail.
Klik
tab menu Design, lalu klik Group & Sort di grup Grouping & Totals.
Di
bawah report akan muncul kotak Group & Sort.
Klik
pada Group On, maka akan tampil field yang menjadi dasar pengemlompokan. Pilih
pada field Dosen.
Tambahkan
grouping berdasarkan field Dosen, maka muncul panel baru bernama Dosen Header.
Geserlah textbox Dosen yang sudah dimasukkan sebelumnya di dalam area header.
Anda
dapat memformat field Dosen agara terlihat lebih jelas.
Field
Dosen yang digunakan untuk grouping dapat diatur pengurutannya, ascending atau
descending. Jika ascending pilih With A on Top. Jika Desscending pilih With Z
on Top.
Cara
untuk menghitung jumlah, Anda dapat mengturnya berdasarkan field tertentu yang
ada di group. Anda juga dapat menentukan apakah hendak menampilkan subtotal
sebagai presentase dan di mana Anda meletakkan subtotal, apakah di group header
atau group footer.
Field-field
yang digunakan untuk menghitung total secara langsung akan muncul di header dan
footer dari grouping.
Hasil
pembuatan report dengan report grouping menggunakan Report Design adalah
seperti di bawah ini.
Sekian yang bisa saya share, semoga bermanfaat untuk kita semua.
0 komentar