Cara Menggunakan Report Wizard dan Mengatur Page Setup pada Microsoft Access
Selamat datang di Blog Febritsm
Membuat
Report Wizard
Ada
cara lain membuat report, yakni dengan metode Wizard yang ada pada Microsoft
Access. Mitode Wizard memudahkan Anda membuat laporan karena tinggal mengikuti
langkah-langkah yang ada.
Berikut
pembuatan report wizard:
Klik
tab menu Create pada grup Report klik Report Wizard.
Masukkan
field-field dari tabel Mahasiswa dan Dosen(Tabel yang sudah saya buat pada
artikel-artikel sebelumnya). Lalu klik Next.
Pada
How do you want to view data, Anda dapat memilih mengelompokkan berdasarkan
ByDosen. Klik Next.
Anda
dapat menambahkan grouping di bawahnya jika diperlukan. Jika tidak, klik saja
Next.
Tentukan
field untuk pengurutan di What Sort Order. Selanjutnya tentukan urutannya,
Ascending atau Descending klik Next jika sudah.
Di
bagian How would you like to lay out your
report pilih Columnar, dan orientasi dapat ditentukan Potrait. Pilih opsi
Adjust the field width so all fields fit on a page, supaya semua field masuk.
Klik Next.
Tambahkan
judul untuk report di What title do you want. Klik pada Preview untuk melihat
preview daro report setelah Anda mengklik tombol Finish.
Klik
Finish untuk mengaakhiri pembuatan report menggunakan metode report wizard.
Jika
Anda mengganti tampilan Design View, Anda dapat melihat semua field dan label otomatis
diatur oleh wizard tersebut. Anda tinggal mengatur sesuai dengan kebutuhan.
Misalnya
sebagai contoh akan mengatur “Page” menjadi “Halaman”.
Maka
hasilnya seperti gambar di bawah ini.
Mengatur Page Setup
Sebelum
Anda melakukan pencetakan sebuah report, ada baiknya Anda mengatur terlebih
dahulu halaman dengan Page Setup. Dengan demikian, tampilan pada halaman report
dengan cetakan pada kertas bisa terbaca dengan baik tanpa adanya perunahan.
Berikut langkah-langkahnya:
Bukalah
report yang ajan diatur halamannya.
Klik
tab menu Page Setup.
Muncullah
ribbon pengaturan Page Setup.
Tombol
Size jika diklik akan menampakkan ukuran halaman yang dapat dibuat. Anda dapat
memilih sesuai keinginan, misalnya jika hendak membuat ukuran Letter, A4, atau
ukuran Custom.
Di
Margins, Anda dapat menentukan jarak dari ujung kertas ke area percetakan, atau
sering disebut margin. Margin yang dapat diatur adalah Normal Wide (Lebar) atau
Narrow(Sempit).
Di
Page Layout, tentukan cara orientasi halaman Potrait atau Landscape.
Setup
halaman lebih detail, klikk tombol Page Setup.
Di
Print Options, tentukan margin atas, bawah, kiri dan kanan. Satuannya adalah
millimeter.
Di
Page, pertama Anda dapat mengatur orientasinya pada group box Orientation.
Kemudian di Paper, tentukan ukuran kertas.
Di
Colums, Anda dapat menentukan jumlah kolom tiap pencetakan.
Melakukan
pencetakan dapat dilakukan dengan klik tab menu File lalu klik perintah Print.
Akan
tampak tiga pilihan pencetakan. Quick Print yakni langsung mencetak tanpa
melakukan perubahan. Print untuk langsung melakukan pencetakan. Print Preview
untuk melihat gambaran hasil pencetakan pada sebuah kertas sebelum proses
cetak.
Kini
klik Print Preview maka Anda akan melihat tampilan halaman report sebelum
dicetak. Klik saja perintah Print jika hasilanya sesuai keingingan.
Muncul
jendela Print, Anda dapat memilih printer atau software printer yang digunakan
untuk proses cetak. Klik Print jika ingin langsung mencetak.
Anda
juga dapat membuat file PDF secara langsung dari tampilan Print Preview dengan
klik tombol Data > PDF for XPS.
Isilah
nama, dan simpan ke tipe PDF. Lalu klik Publish.
Pilih
PDF akan langsung ditampilkan.
Sekian yang bisa saya share semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.
0 komentar