Cara Menggunakan Report Wizard dan Mengatur Page Setup pada Microsoft Access

by - October 28, 2019

Selamat datang di Blog Febritsm
Membuat Report Wizard
Ada cara lain membuat report, yakni dengan metode Wizard yang ada pada Microsoft Access. Mitode Wizard memudahkan Anda membuat laporan karena tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada.
Berikut pembuatan report wizard:
Klik tab menu Create pada grup Report klik Report Wizard.
Masukkan field-field dari tabel Mahasiswa dan Dosen(Tabel yang sudah saya buat pada artikel-artikel sebelumnya). Lalu klik Next.
Pada How do you want to view data, Anda dapat memilih mengelompokkan berdasarkan ByDosen. Klik Next.
Anda dapat menambahkan grouping di bawahnya jika diperlukan. Jika tidak, klik saja Next.
Tentukan field untuk pengurutan di What Sort Order. Selanjutnya tentukan urutannya, Ascending atau Descending klik Next jika sudah.
Di bagian How would you like to lay out your report pilih Columnar, dan orientasi dapat ditentukan Potrait. Pilih opsi Adjust the field width so all fields fit on a page, supaya semua field masuk. Klik Next.
Tambahkan judul untuk report di What title do you want. Klik pada Preview untuk melihat preview daro report setelah Anda mengklik tombol Finish.
Klik Finish untuk mengaakhiri pembuatan report menggunakan metode report wizard.
Jika Anda mengganti tampilan Design View, Anda dapat melihat semua field dan label otomatis diatur oleh wizard tersebut. Anda tinggal mengatur sesuai dengan kebutuhan.
Misalnya sebagai contoh akan mengatur “Page” menjadi “Halaman”.
Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.



Mengatur Page Setup
Sebelum Anda melakukan pencetakan sebuah report, ada baiknya Anda mengatur terlebih dahulu halaman dengan Page Setup. Dengan demikian, tampilan pada halaman report dengan cetakan pada kertas bisa terbaca dengan baik tanpa adanya perunahan. Berikut langkah-langkahnya:
Bukalah report yang ajan diatur halamannya.
Klik tab menu Page Setup.
Muncullah ribbon pengaturan Page Setup.
Tombol Size jika diklik akan menampakkan ukuran halaman yang dapat dibuat. Anda dapat memilih sesuai keinginan, misalnya jika hendak membuat ukuran Letter, A4, atau ukuran Custom.
Di Margins, Anda dapat menentukan jarak dari ujung kertas ke area percetakan, atau sering disebut margin. Margin yang dapat diatur adalah Normal Wide (Lebar) atau Narrow(Sempit).
Di Page Layout, tentukan cara orientasi halaman Potrait atau Landscape.
Setup halaman lebih detail, klikk tombol Page Setup.
Di Print Options, tentukan margin atas, bawah, kiri dan kanan. Satuannya adalah millimeter.
Di Page, pertama Anda dapat mengatur orientasinya pada group box Orientation. Kemudian di Paper, tentukan ukuran kertas.
Di Colums, Anda dapat menentukan jumlah kolom tiap pencetakan.
Melakukan pencetakan dapat dilakukan dengan klik tab menu File lalu klik perintah Print.
Akan tampak tiga pilihan pencetakan. Quick Print yakni langsung mencetak tanpa melakukan perubahan. Print untuk langsung melakukan pencetakan. Print Preview untuk melihat gambaran hasil pencetakan pada sebuah kertas sebelum proses cetak.
Kini klik Print Preview maka Anda akan melihat tampilan halaman report sebelum dicetak. Klik saja perintah Print jika hasilanya sesuai keingingan.
Muncul jendela Print, Anda dapat memilih printer atau software printer yang digunakan untuk proses cetak. Klik Print jika ingin langsung mencetak.
Anda juga dapat membuat file PDF secara langsung dari tampilan Print Preview dengan klik tombol Data > PDF for XPS.
Isilah nama, dan simpan ke tipe PDF. Lalu klik Publish.

Pilih PDF akan langsung ditampilkan.
Sekian yang bisa saya share semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

You May Also Like

0 komentar