Macam-macam Integrated Development Environment (IDE)

by - January 01, 2020


Selamat Datang di Blog Febritsm

Integrated Development Environment (IDE)
Integrated Development Environment (IDE) merupakan suatu software (perangkat lunak) yang digunakan untuk menulis kode program. IDE ini memiliki fitur-fitur seperti: code editor, compiler. Debugger, dan Grafic User Interface.

Secara harfiah peng-compile-an program dapat dilakukan pada console dan melakukan pembuatan/pengeditan syntax pada notepad, tetapi untuk membangun/mengembangkan aplikasi-aplikasi basar tanpa bantuan IDE sangatlah sulit. Maka dari itu programmer menggunakan IDE untuk membangun  aplikasi-aplikasi besar agar dapat menghasilkan suatu aplikasi secara maksimal. Dengan bantuan IDE programmer akan dimudahkan dalam proses penulisan kode program, malakukan debugging, tracking, koreksi terhadap bahasa pemrograman akan lebih mudah, karena beberapa IDE sudah menginplementasikan library untuk mendeteksi bahasa pemrograman tertentu.

IDE yang digunakan untuk bahasa pemrograman berbasis Web sangat banyak. Pada pembahasan saat ini, akan dibahas macam-macam IDE yang sering digunakan diantaranya adalah sebagai berikut:

Notepad
 Notepad merupakan IDE yang paling sederhana, dimiliki oleh bahasa system operasi windows, IDE ini mempunyai kemampuan untuk membuat atau mengedit sintaks bahasa pemrograman, dengan kata lain notepad adalah IDE yang mempunyai kemampuan sebagai teks editor.

Notepad ++
Notepad++ merupakan aplikasi teks editor yang gratis serta powerful yang dapat digunakan oleh seorang pengembang aplikasi (programmer) untuk menuliskan sebuah kode-kode program. Notepad++ mendukung banyak bahasa pemrograman, diantaranya: Assembly, C,C++,C#,CSS,HTML,Java, Javascript, Pascal, Pert, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML, dan lain sebagainya. Notepad++ mempunyai banyak kelebihan bila dibandingkan dengan Notepad bawaan windows yang pertama, seperti memiliki GUI yang baik dan menarik. Selainitu, Notepad++ juga dapat ditambahkan sebagai plugin yang bisa semakin mempermudah pekerjaan programmer. Dan juga Notepad++ terdapat versi prortabelnya. Dan kelebihan lainnya adalah Note++ ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

Dreamweaver
Dreamweaver merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat ata mengedit halaman Web. Dreamweaver sangat cocok untuk pengguna pemula atau pengguna yang sedang belajar membuat halaman web. Dreamweaver menyediakan fitur-fitur untuk mempermudah pembuatan halaman web, sehingga tampilan web dibuat nanti akan disana dengan tampilan pada saat proses perancangan halaman web. Dreamweaver mendukung beberapa bahasa pemrograman, antara lain: HTML, PHP, CSS, Javascrip, dan sebagainya.

Sublime Text
Sebulime Text merupakan perangkat lunak text editor yang digunakan untuk membuat atau mengedit suatu aplikasi. Sublime Text mempunyai fitur plugin tambahan yang memudahkan programmer. Selain itu, Sublime Text juga memiliki desain yang simple dan keren menjadikan Sublime Text terkesan elegan untuk sebuah syintax editor. Selain ringan, IDE ini memiliki kecepatan proses simpan dan buka file. Tidak heran kalau IDE ini paling banyak digunakan terutaman programmer berbasis web.
Sekian yang bisa saya share, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dan saya ucapkan selamat tahun baru 2020 semoga apa yang menjadi target tahun ini bisa tercapai, terima kasih.


You May Also Like

0 komentar