MENGENAL MICROSOFT EXCEL 2007
MENGENAL MICROSOFT
EXCEL 2007
1.1 .Pendahuluan
Microsoft Excel
Sering disebut sebagai program pengolah
angka.
Memang sesuai dengan tujuan dibuatnya program ini, angka –angka diramu
menjadi sebuah tabel sehingga menyerupai sebuah lembar kerja atau
spreadsheet. Microsoft Excel dibundel dalam Microsoft Ofice yang didalam nya terdapat pengolah kata, oengolah
angka, database dan grafik, dan
sebagainya. Paket aplikasi inidirancang untuk mendukung berbagai kegiatan
perkantoran.
Microsoft Excel dapat digunakan untuk membuat tabel-tabel yang berisi
perhitungan-perhitungan angka yang saling berkaitan. Contoh berikut table yang
berisi data-data sederhana
Nama barang
|
Banyaknya
|
Harga
|
Total
|
Buku
|
3
|
10
|
30
|
Ballpoint
|
2
|
12
|
24
|
Pensil
|
5
|
15
|
75
|
Penggaris
|
4
|
13
|
52
|
Kolom Total, nilai nya
tergantung dari kolom Banyanya dan
kolom Harga. Jadi rumus yang
digunakan untuk menghitung TOTAL
adalah BANYAKNYA *HARGA.
Untuk kasus seperti di atas, Microsoft Excel sangat membantu sekali.
Selain kemampuannya yang andal untuk proses operasi matematika, Microsoft Excel
juga banyak memberikan fasilitas lainnya seperti membuat grafik, fungsi bunga,
fungsi hari, dan sebagainya.
Sebelum
masuk ke latihan-latihan, terlebih dahulu ada beberapa istilah yang harus anda
kuasai. Selain itu sebaiknya Anda juga harus mengusai keterampilan dasar agar
dapat mengerjakan latihan dalam artikel ini.
1.2.Mengenal Sel dan
Range
Untuk menjalankan Microsoft
Excel, langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:
[1] Klik Start.
[2] Klik Programs.
[3] Klik Microdoft Excel.Setelah
itu segera tampil tayangan awal Microsoft Excel seperti gambar 1-1
Dibawah ini
Gambar 1-1. Lembar Kerja Kosong Microsoft Excel
Lembar kerja Excel berupa
kotak-kotak kosong yang di bagian atasnya terdapat huruf yang dimulai dari A sampai dengan XFD yang dinama kan kolom.Dan
di sebelah kiri berupa angka-angka mulai dari 1 sampai dengan 1048576 yang
dinama kan baris baris. Pertemuan
antara baris dan kolom dalam Microsoft Excel dinama kan Sel.Misalnya pertemuan antara baris
1 dengan kolom A diberi nama sel 1A, demikian seterusnya. Sel A1
disebut sebagai alamat sel.
Alamat Sel
|
Artinya
|
C1
|
Pertemuan antara baris 1
dengan kolom C
|
DC56
|
Pertemuan antara baris 56 dengan kolom DC
|
F90
|
Pertemuan antara baris 90 dengan kolom F
|
Gambar 1-2. Range adalah Pertemuan dari Beberapa Sel
Alamat- alamat sel yang
berdampingan dapat dipilih dan disatukan untuk membentuk suatu range.
Range adalah sekumpulan sel dalam Microsoft Excel yang disatukan
dengan cara diklik dan drag menggunakan mouse.Alamat suatu range
dinyatakan dengan menyebut alamat sel pada posisi kiri atas diikuti tanda : (titik dua) kemudian diikuti alamat
sel pada posisi kanan bawah.Sebagai contoh Gambar 1-2 adalah alamat range
dari C1:I10.Jika Anda sedang berada
pada lembar kerja Excel, pada prinsipnya Anda dapat secara langsung memasukkan
data di sel manapun yang Anda inginkan. Namun demikian Anda lebih mudah
mengelola lembar kerja Excel setelah memahami seluruh fungsi ikon yang terdapat
pada bagian atas lembar kerja. Pemahaman terhadap masing-masing fungsi ikon
akan dengan sedirinya diperoleh setelah Anda melalui seluruh latihan yang
disajikan dalam buku ini. Suatu sel jika hendak diisi harus terlebih dahulu
ditunjuk oleh penunjuk sel(pointer). Penunjuk
sel bentuknya berupa kontak sebesar sel aktif saatitu dan dapat diarahkan ke
sel manapun dalam bentuk lembar kerja.
Tombol (keyboard) yang sring
digunakan untuk menggerakkan penunjuk sel adalah sebagai berikut:
Ø
Panah
kiri, digunakan untuk menggeser penunjuk sel (pointer) satu kolom ke kiri.
Ø
Panah
kanan, digunakan untuk menggeser penunjuk sel (pointer) satu kolom ke kanan.
Ø
Panah
atas, digunakan untuk menggeser penunjuk sel (pointer) satu kolom ke atas.
Ø
Panah
bawah, digunakan untuk menggeser penunjuk sel (pointer) satu kolom ke bawah.
Ø
Pg Up, digunakan
untuk menggeser penunjuk sel (pointer)
satu halaman ke atas.
Ø
Pg Dn, digunakan
untuk menggeser penunjuk sel (pointer)
satu halaman ke bawah.
Pada bawah jendela Excel tedapat tab bertuliskan Sheet1, Sheet2, Sheet3, dan seterusnya. Tab ini dapat diidentikkan dengan lembar kerja yang tersedia saat
itu.Anda dapat memilih sheet mana
yang akan menjadi tempat Anda bekerja.
Pada Microsoft Excel suatu tabel
diletakkan dalam suatu sheet.
Sedangkan table yang lain diletakkan dalam sheet
lainnya. Sehingga tidak ada suatu
sheet yang mengandung lebih dari satu table.
0 komentar