Cara mengamankan lembar kerja di Microsoft Excel
Baiklah kali saya akan memberi tips tentang Microsotf Excel, langsung saja.
worksheet
dan workbook yang kita buat bisa
di proteksia atau di kunci demi keamanan data Anda yang penting. Tujuannya agar
orang lain yang tidak berkepentingan tidak bisa membuka lembar kerja atau worksheet kita. Untuk memproteksi lembar
kerja atau worksheet di Microsoft
Excel 2010 sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja, termsuk yang baru
belajar menggunakan Microsoft Excel.
Lembar kerja atau
Ok, langsung saja
ke langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:
[1] Aktifkan lembar
kerja yang akan dikerjakan, misalnya LATIHAN-01
[2] Klik menu Review.
[3] Klik ikon Protect Sheet. Setelah kotak dialog
muncul, Anda bisa mengklik fitur apa saja yang akan di proteksi dalam lembar
kerja tersebut. Umpamanya Anda member
tanda centang (√) dengan cara mengklik di depan pilihan
yang akan digunakan, misalnya Anda klik Select
locked cells dan Select unlocked
cells.
[4] Jangan
lupa, Anda juga harus mencentang untuk member
tanda pada pilihan Protect
worksheet and contents of locked cells.
[5] Ketika password Anda di kolom Password to unprotect sheet, misalnya
1245.
Gambar fitur untuk memproteksi pada worksheet di bawah menu review
Gambar kotak dialog protect sheet
[6] Untuk
membukanya kembali, Anda bisa melakukan dengan cara yang sama. Selain itu Anda
juga mencoba hal lain, misalnya dengan menghilangkan salah satu checklist pada pilhan yang tersedia
0 komentar