Cara mengamankan lembar kerja di Microsoft Excel

by - May 03, 2018

Baiklah kali saya akan memberi tips tentang Microsotf Excel, langsung saja.

    worksheet dan workbook yang kita buat bisa di proteksia atau di kunci demi keamanan data Anda yang penting. Tujuannya agar orang lain yang tidak berkepentingan tidak bisa membuka lembar kerja atau worksheet kita. Untuk memproteksi lembar kerja atau worksheet  di Microsoft Excel 2010 sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja, termsuk yang baru belajar menggunakan Microsoft Excel.

Lembar kerja atau
Ok, langsung saja ke langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:
[1] Aktifkan lembar kerja yang akan dikerjakan, misalnya LATIHAN-01
[2] Klik menu Review.
[3] Klik ikon Protect Sheet. Setelah kotak dialog muncul, Anda bisa mengklik fitur apa saja yang akan di proteksi dalam lembar kerja tersebut. Umpamanya Anda member  tanda centang (√) dengan cara mengklik di depan pilihan yang akan digunakan, misalnya Anda klik Select locked cells dan Select unlocked cells.
[4] Jangan lupa, Anda juga harus mencentang untuk member  tanda pada pilihan Protect worksheet and contents of locked cells.
[5] Ketika password Anda di kolom Password to unprotect sheet, misalnya 1245.

Gambar fitur untuk memproteksi pada worksheet di bawah menu review
Gambar kotak dialog protect sheet


[6] Untuk membukanya kembali, Anda bisa melakukan dengan cara yang sama. Selain itu Anda juga mencoba hal lain, misalnya dengan menghilangkan salah satu checklist pada pilhan yang tersedia

You May Also Like

0 komentar