Pengertian Equation dan Symbol pada Microsoft Excel
MENGENAL EQUATION DAN SYMBOL
Pendahuluan
Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Excel 2007 atau versi di
atasnya, fitur Equation dan Symbol mungkin sering Anda gunakan
untuk melengkapi tulisan yang mengharuskan Anda menggunakan fitur-fitur tersebut.
Dalam menulis sebuah artikel, baik yang berhubungan dengan
statistika ataupun matematika di mana penulisan rumus-rumus merupakan kahrusan,
maka penggunaan fitur Equation dan Symbol sangantlah di perlukan.
Gambar lembar kerja Microsoft Excel
Penggunaan fitur Equation
bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya akan sangat membantu,
khususnya untuk menulis rumus-rumus statistika dalam skripsi atau tugas akhir
mereka. Karena hampir semua skripsi atau tugas akhir akan menggunakan
rumus-rumus regresi,linier,anova dan sebagainya.
Sedangka untuk menulis rumus-rumus fisika, kimia, dan
lainnya, fitur yang banyak digunakan selain Equation adalah Symbol.
Para pengguna Microsoft Word
tentunya sudah tidak asing dengan fitur Symbol
yang merupakan semacam karakter khusus.
Fitur Symbol biasanya digunakan untuk menulis rumus ataupun
lambing tertentu, misalnya Alpha, Beta, Lamda, dan sebagainya.
Selain dalam penulisan rumus-rumus fisika dan kimia, fitur
Symbol paling sering digunakan dalam pembuatan Style Paragraph khususnya untuk Bullets.
Ok, langsung saja kita akan membahas bagaimana menggunakan
Equation
Apakah fitur Equation
secara otomatis aka nada di Microsoft
Excel 2007? Ya! Setelah Microsoft diinstal, fitur canggih ini secara
otomatis aka nada di aplikasi tersebut. Fitur ini sebenarnya tidak akan berguna
apabila berdiri sendiri tanpa di sertai keterangan yang berhubungan dengan
rumus statistika atau matematika.
Untuk menggunakan fitur
Equation ini Anda harus berada di bawah menu Insert Microsoft Excel 2007. Setelah mengklik menu insert, Anda akan dapati ikon Equation dan Symbol di bawah menu
tersebut.
Bagaimana caranya menampilkan fitur Equation? Dan bagaimana
cara menggunakan nya? Sebagai gambaran, berikut ini akan dijelaskan
langkah-langkah yang harusAnda lakukan untuk menampilkan dan menggunakan fitur
tersebut.
[1] Pastikan Anda sedang bekerja dalam Microsoft Excel 2007 dan sedang mengerjkan lembar kerja yang
berhubungan dangan statistika atau matematika.
[2] Klik menu Insert,
setelah itu akan hadir beberapa ikon yang ada di bawah menu tersebut. Selanjut
nya Anda klik ikon Equation, dan pilihan yang behubungan denga Equation tersebut akan tampil dalam
layar komputer Anda untuk jelasnya silhkan lihat saja pada gambar di bawah ini.
di mana bebrbagai pilihan yang behubungan dengan Equation terlihat sangat jelas.
[3] Kemudian untuk melanjutkan pekerjaan Anda, yaitu
menyisipkan rumus statistika atau matematika ke dalam dokumen yang sedang
dikerjakan, misalnya Anda akan menyisipkan rumus Quadratic Formula, maka caranya adalah dengan menempatkan pointer mouse dilokasi yang akan
disisipkan rumus tersebut.
[4]Dari gambar yang ada di atas, Anda klik ikon Equation kemudian klik tombol dropdown lalu pilih dan klik Quadratic Formula. Setelah itu rumus
yang dimaksud secara otomatis akan berada dalam dokumen yang sedang Anda
tangani.
Gambar fitur Equation Microsoft Excel
Pilihan menu yang behubungan dengan Equation ini akan tampil apabila Anda sudah menempatkan rumus di
dalam dokumen Anda. Kemudian Anda klik saja rumus mana yang akan digunakan,
setelah itu Anda tinggal mengedit dan memasukkan angka-angka ke dalam rumus
tersebut.
untuk yang Symbol di postingan selanjutnya.
1 komentar
Terima kasih sudah berkunjung gan.
ReplyDelete