Pengertian Equation dan Symbol pada Microsoft Excel

by - October 19, 2018

MENGENAL EQUATION DAN SYMBOL
Pendahuluan

Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft Excel 2007 atau versi di atasnya, fitur Equation dan Symbol mungkin sering Anda gunakan untuk melengkapi tulisan yang mengharuskan Anda menggunakan fitur-fitur tersebut.
Dalam menulis sebuah artikel, baik yang berhubungan dengan statistika ataupun matematika di mana penulisan rumus-rumus merupakan kahrusan, maka penggunaan fitur Equation dan Symbol sangantlah di perlukan.
Gambar lembar kerja Microsoft Excel
Penggunaan fitur Equation bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya akan sangat membantu, khususnya untuk menulis rumus-rumus statistika dalam skripsi atau tugas akhir mereka. Karena hampir semua skripsi atau tugas akhir akan menggunakan rumus-rumus regresi,linier,anova dan sebagainya.
Sedangka untuk menulis rumus-rumus fisika, kimia, dan lainnya, fitur yang banyak digunakan selain Equation adalah Symbol. Para pengguna Microsoft Word tentunya sudah tidak asing dengan fitur Symbol  yang merupakan semacam karakter khusus.
Fitur Symbol biasanya digunakan untuk menulis rumus ataupun lambing tertentu, misalnya Alpha, Beta, Lamda, dan sebagainya.
Selain dalam penulisan rumus-rumus fisika dan kimia, fitur Symbol paling sering digunakan dalam pembuatan Style Paragraph khususnya untuk Bullets.
Ok, langsung saja kita akan membahas bagaimana menggunakan Equation
Apakah fitur Equation secara otomatis aka nada di Microsoft Excel 2007? Ya! Setelah Microsoft diinstal, fitur canggih ini secara otomatis aka nada di aplikasi tersebut. Fitur ini sebenarnya tidak akan berguna apabila berdiri sendiri tanpa di sertai keterangan yang berhubungan dengan rumus statistika atau matematika.
Untuk menggunakan fitur Equation ini Anda harus berada di bawah menu Insert Microsoft Excel 2007. Setelah mengklik menu insert, Anda akan dapati ikon Equation dan Symbol di bawah menu tersebut.
Bagaimana caranya menampilkan fitur Equation? Dan bagaimana cara menggunakan nya? Sebagai gambaran, berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah yang harusAnda lakukan untuk menampilkan dan menggunakan fitur tersebut.
[1] Pastikan Anda sedang bekerja dalam Microsoft Excel 2007 dan sedang mengerjkan lembar kerja yang berhubungan dangan statistika atau matematika.
[2] Klik menu Insert, setelah itu akan hadir beberapa ikon yang ada di bawah menu tersebut. Selanjut nya Anda klik ikon Equation, dan pilihan yang behubungan denga Equation tersebut akan tampil dalam layar komputer Anda untuk jelasnya silhkan lihat saja pada gambar di bawah ini. di mana bebrbagai pilihan yang behubungan dengan Equation terlihat sangat jelas.
[3] Kemudian untuk melanjutkan pekerjaan Anda, yaitu menyisipkan rumus statistika atau matematika ke dalam dokumen yang sedang dikerjakan, misalnya Anda akan menyisipkan rumus Quadratic Formula, maka caranya adalah dengan menempatkan pointer mouse dilokasi yang akan disisipkan rumus tersebut.
[4]Dari gambar yang ada di atas, Anda klik ikon Equation kemudian klik tombol dropdown lalu pilih dan klik Quadratic Formula. Setelah itu rumus yang dimaksud secara otomatis akan berada dalam dokumen yang sedang Anda tangani.
Gambar fitur Equation Microsoft Excel


Pilihan menu yang behubungan dengan Equation ini akan tampil apabila Anda sudah menempatkan rumus di dalam dokumen Anda. Kemudian Anda klik saja rumus mana yang akan digunakan, setelah itu Anda tinggal mengedit dan memasukkan angka-angka ke dalam rumus tersebut.
untuk yang Symbol di postingan selanjutnya.

You May Also Like

1 komentar