Cara menggunakan perintah Copy, Cut, dan Paste pada Microsoft Excel

by - December 08, 2018

Pendahuluan
Pemakaian perintah Copy,Cut, dan Paste saling berhubungan. Dengan menguasai perintah-perintah ini proses pekerjaan Anda akan lebih cepat, terutama dalam hal pemindahan/ peng- copyan data dalam suatu sel, baris atau kolom dalam lembar kerja. Microsoft Excel menyediakan fasilitas ini berupa Cut, Copy, dan Paste.

Gambar-Ikon Cut, Copy, dan Paste.
Perintah Copy dan Paste
Untuk meng-Copy data dalam lembar kerja, prosedur yang harus Anda lakukan sebagai berikut:
[1] Buka lembar kerja Anda, misalkan Latihan 1.
[2] Blok atau sorot sel, baris, atau kolom yang akan di-Copy.
[3] Klik kanan mouse Anda, lalu klik Copy. Stelah itu pindahkan kursor/pointer pada suatu tempat untuk meletakkan hasil perintah copy tersebut.
[4] Klik kanan lagi di lokasi yang akan digunakan untuk menyimpan hasil perintah peng-copy-an, lalu klik Paste
Perintah Cut dan Paste
Untuk menggunakan perintah Cut pada dasarnya sama seperti halnya menggunakan peritah copy. Namun bedanya kalau copy tidak menghilangkan sumbernya, sedangkan pada perintah Cut data di sumbernya akan hilang.
Sebagai gambaran, langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
[1] Buka kembali lembar kerja Anda, misalnya Latihan 1.
[2] Blok atau sorot sel, baris, atau kolom yang akan di Cut.
[3] Klik kanan pada mouse Anda, lalu klik Cut. Setelah itu pindahkan kursor /pointer  pada suatu tempat untuk meletakkan hasil perintah Cut tersebut.
[4] Klik kanan lagi di lokasi yang akan digunakan untuk menyimpan hasil perintah Cut, lalu klik Paste.
Perintah Undo
Perintah Undo sangat berguna untuk membatalkan semua perintah yang terakhir kali dilaksanakan. Dengan fasilitas Undo ini Anda dapat membatalkan penghapusan, peng-copy-an, ataupun pekerjaan lain yang berhubungan dengan Microsoft Excel. Contoh, apabila Anda melakukan kesalahan dalam penghapusan data yang semestinya data tersebut tetap ada dalam lembar kerja, Anda dapat menggunakan pilihan Undo akan berubah dengan sendirinya menjadi Undo Copy, dan sebagainya.
Perintah yang paling umum dan banyak digunakan untuk membatalkan perintah Copy, Cut, dan sebagainya adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl-Z  secara bersamaan.
Perintah Repeat
Untuk mengaktifkan perintah Repeat, Anda haru melakukan aktivitas tertentu sebelumnya.
Sebagai contoh, coba Anda gunakan perintah Insert Column. Sebelum menggunakan perintah tersebut, Anda harus menampilkan nama file terlebih dahulu. Sebagai bahan latihan, Anda tetap menggunakan file latihan Latihan1 kemudian coba gunakan perintah Insert Column, lalu Anda gunakan perintah Repeat. Caranya gunakan kombinasi tombol Ctrl-Y untuk mempercepat penyisipan kolom tersebut.

Dengan beberapa prosedur yang telah dijelaskan, Anda telah mengusai semua pekerjaan yang berhubungan dengan perintah Copy, Cut, Paste, Undo dan Repeat. Untuk pengembangannya dapa Anda pelajari sendiri, karena pada dasarnya semua perintah di atas prosedurnya sama hanya kegunaan dan manfaatnya saja yang berbeda, yang terpenting bagi Anda adalah menguasai semua prosedur yang telah dijelaskan di atas.

You May Also Like

0 komentar