Cara Mengatur Sel, Baris, dan Kolom pada Microsoft Excel

by - December 11, 2018

Pendahuluan
Bagian ini merupakan bahan latihan, tujuannya agar Anda memahami materi-materi umum yang disediakan Microsoft Excel. Apabila dalam latihan ini Anda mendapatkan kesulitan , Anda tinggal melihat kunci jawaban yang telah disediakan. Namun demikian, usahakan jangan terburu-buru  membuka kunci jawaban karena tujuan dalam latihan ini adalah untuk menguji kemampuan Anda
Sasaran
Sasaran yang ingin dicapai dari latihan ini adalah:
·         Maksud dari pergerakan pointer/kursor.
·         Proses pemasukan beberapa jenis data ke dalam lembar kerja.
·         Tujuan menformat sel lembar kerja.
·         Cara mengatur lebar baris dan kolom.
Latihan
Ikutilah petunjuk dalam lembar kerja ini setahap demi setahap sampai Anda memahami maksud dan tujuan dari setiap penjelasan yang diberikan. Untuk mengerjakan lembar kerja ini sebaiknya Anda harus berhadapan langsung dengan komputer dan mempraktekkannya secara interaktif.
Untuk memulainya langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
[1] Klik start.
[2] Klik All Programs.
[3] Klik Microsoft Office.
[4] Klik Microsoft Excel. Setelah itu jendela awal Microsoft Excel segera tampil di hadapan Anda

Kemudian cobalah gerakkan pointer/kursor yang terdapat dalam lembar kerja menggunakan tombol-tombol yang terdapat pada keyboard maupun dengan mouse.

Gambar. Tombol Panah di Papan Ketik atau Keyboard

Sebagai bahan latihan cobalah Anda kerjakan perintah-perintah berikut. Pointer sedang berada pada sel C4. Gerakkan lah pointer  tersebut ke posisi C100. Kemudian gerakkan lagi ke A1. Kemudian gerakkan lagi ke posisi IV999. Kemudian gerakkan lagi keposisi C1.
Untuk bergerak ke posisi C100, Anda memerlukan waktu jika hanya mengandalkan tombol panah ke bawah. Untuk itu Anda harus mengenal tombol-tombol yang dapat digunakan untuk menggerakkan pointer secara cepat.



Tombol
Kegunaan

Home

Digunakan untuk menggerakkan pointer ke kolom pertama pada garis posisi pointer berada.


Ctrl+Home

Digunakan untuk menggerakkan pointer ke kolom pertama baris pertama dari manapun posisi pointer berada.



End→

Digunakan untuk memindahkan pointer ke akhir kolom (XFD).



End←

Digunakan untuk memindahkan pointer dari akhir kolom (kolom XDF) keposisi awal


End↑

Digunakan untuk memindahkan pointer dari baris pertama kolom tertentu ke akhir baris (1048576).



End↓

Digunakan untuk memindahkan pointer dari akhir bariss kolom tertentu ke baris pertama kolom tertentu (1048576).


Ctrl G

Digunakan untuk menuju sel atau range tertentu (kolom atau baris tertentu) sesuai referensi yang di tuliskan

Khusus untuk penekanan Ctrl G, Microsoft Excel akan menampilkan kotak dialog seperti gambar di bawah.

Gambar. Kotak Dialog Go To

Jika kotak dialog diisi dengan alamat suatu sel lalu Anda klik OK, maka pointer akan langsung menuju kealamat sel yang dimaksud.
Pointer terlebih dahulu diarahkan ke suatu sel jika kita ingin mengisi sel tersebut dengan suatu data.  Misalkan kita akan memasukkan angka 2000 pada sel A5. Caranya terlebih dahulu gerakkan pointer tersebut menuju ke sel A5 kemudian ketik angka 2000, lalu tekan Enter. Maka angka 2000 akan tersimpan pada sel A5. Pada bagian atas muncul alamat sel yang sedang ditunjuk saat itu(alamat sel aktif), dan angka yang Anda ketikkan akan ditampilkan di dua tempat, yaitu di lokasi pointer dam di formula bar. Jika perubahan Anda lakukan di formula bar, maka otomatis perubahan itu akan terjadi juga di lokasi sel yang ditunjuk oleh pointer.
Microsoft Excel bisa digunakan untuk bermacam-macam pekerjaan, maka dari itu jenis data yang diolah pun bermacam-macam. Oleh karena itu Anda harus mengenal kerakteristik masing-masing data terebut.
Jenis Data
Karakteristik
Label
Data teks biasa dan tidak bisa digunakan untuk operasi matematis.
Value
Data yang dirancang dan digunakan untuk operasi matematis
Formula
Data berupa rumus-rumus matematis
Function
Formula yang siap digunakan karena secara default disediakan oleh Microsoft Excel.

Sebagai bahan latihan, berikut ini akan digambarkan bagaimana menyajikan suatu data yang memiliki nilai sama tetapi memiliki format tampilan yang berbeda.
Untuk memulainya lakukan langkah-langkah berikut:
[1] Jalankan Microsoft Excel.
[2] Isi sel A2, B2, C2, dan D2 dengan angka 200 sehingga terbentuk lembar kerja seperti gambar di bawah.
Gambar: lembar kerja sederhana

[3]Arahkan pointer ke posisi A2 dan blok sampai D2.
[4] Klik kanan dalam lembar kerja tersebut , lalu klik Format Cells. Setelah itu segera tampil seperti gambar di bawah.
Gambar Dialog Format Cells
Dengan cara yang sama Anda bisa mencoba beberapa fungsi yang telah disediakan. Masukkan data-data yang akan Anda coba kemudian lakukan dengan mengikuti langkah-langkah seperti di atas.
Suatu data yamg tampilannya telah diubah menggunakan fasilitas Format Cells dapat dikem ke keadaan semula dengan cara menghapus format yang telah dipasang. Caranya terlebih dahulu sorot sel-sel yang akan dihapus formatnya, kemudian pilih menu Edit, Clear, Formats. Maka data akan kembali ke format sebelumnya. Sebagai gambaran, Anda gunakan data di atas sebagai latihan.
Format suatu sel tidak hanya meliputi nilai angkanya saja melainkan juga meliputi Aligment, Font, Border, Fill, dan Protection.
Misalnya angka 200 yang telah dimasukkan dalam sel A2, B2, C2, dan D2 akan Anda ubah menggunakan format Aligment, caranya adalah sebagai berikut:
[1] Arahkan pointer ke posisi A2 dan blok sampai dengan D2.
[2] Klik Format Cells, setelah itu segera tampil seperti gambar di atas.
[3] Klik tab Aligment.
[4] Pada kolom Degrees Anda ketik menjadi 50, atau Anda bisa menggunakan tombol dropdown. Maka perubahan di kotak dialog Orientation akan terlihat.
[5] Klik OK untuk mengakhirinya. Hasilnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
Gambar. Menggunakan Fasilitas Alignment dan Orientations.
Tinggi baris dan lebar kolom dapat diubah ukurannya sesuai dengan keinginan. Cara yang harus Anda lakukan untuk mengubah ukuran baris atau kolom pada prinsipnya sama.
Caranya sebagai berikut:
[1] Blok baris yang akan di ubah jaraknya dengan meng-klik angka yang ada dalam baris tersebut.
[2] Klik kanan di lembar kerja Anda, lalu klik Row Height.
[3] Ketik di kotak dialog Row Height, misalnya 13. Setelah itu Anda klik OK.


Gambar. Kotak Dialog Mengatur Baris dan Kolom.
Begitu juga apabila Anda akan mengubah lebar kolom caranya sama seperti yang telah dijelaskan di atas. Hanya bedanya yang dipilih bukan Row Height melainkan Column Width

You May Also Like

0 komentar