Cara Mengatur Sel, Baris, dan Kolom pada Microsoft Excel
Pendahuluan
Bagian ini merupakan
bahan latihan, tujuannya agar Anda memahami materi-materi umum yang disediakan
Microsoft Excel. Apabila dalam latihan ini Anda mendapatkan kesulitan , Anda
tinggal melihat kunci jawaban yang telah disediakan. Namun demikian, usahakan jangan
terburu-buru membuka kunci jawaban
karena tujuan dalam latihan ini adalah untuk menguji kemampuan Anda
Sasaran
Sasaran yang ingin
dicapai dari latihan ini adalah:
·
Maksud dari pergerakan pointer/kursor.
·
Proses pemasukan beberapa jenis data ke
dalam lembar kerja.
·
Tujuan menformat sel lembar kerja.
·
Cara mengatur lebar baris dan kolom.
Latihan
Ikutilah petunjuk dalam
lembar kerja ini setahap demi setahap sampai Anda memahami maksud dan tujuan
dari setiap penjelasan yang diberikan. Untuk mengerjakan lembar kerja ini
sebaiknya Anda harus berhadapan langsung dengan komputer dan mempraktekkannya
secara interaktif.
Untuk memulainya
langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:
[1] Klik start.
[2] Klik All Programs.
[3] Klik Microsoft Office.
[4] Klik Microsoft Excel. Setelah itu jendela
awal Microsoft Excel segera tampil
di hadapan Anda
Kemudian cobalah
gerakkan pointer/kursor yang terdapat dalam lembar kerja menggunakan
tombol-tombol yang terdapat pada keyboard maupun dengan mouse.
Sebagai bahan latihan
cobalah Anda kerjakan perintah-perintah berikut. Pointer sedang berada pada sel
C4. Gerakkan lah pointer tersebut ke posisi C100. Kemudian gerakkan lagi ke A1. Kemudian gerakkan lagi ke posisi IV999. Kemudian gerakkan lagi keposisi C1.
Untuk bergerak ke
posisi C100, Anda memerlukan waktu
jika hanya mengandalkan tombol panah ke bawah. Untuk itu Anda harus mengenal
tombol-tombol yang dapat digunakan untuk menggerakkan pointer secara cepat.
Tombol
|
Kegunaan
|
Home
|
Digunakan
untuk menggerakkan pointer ke kolom pertama pada garis posisi pointer berada.
|
Ctrl+Home
|
Digunakan
untuk menggerakkan pointer ke kolom pertama baris pertama dari manapun posisi
pointer berada.
|
End→ |
Digunakan
untuk memindahkan pointer ke akhir kolom (XFD).
|
End← |
Digunakan
untuk memindahkan pointer dari akhir kolom (kolom XDF) keposisi awal
|
End↑ |
Digunakan
untuk memindahkan pointer dari baris pertama kolom tertentu ke akhir baris
(1048576).
|
End↓ |
Digunakan
untuk memindahkan pointer dari akhir bariss kolom tertentu ke baris pertama
kolom tertentu (1048576).
|
Ctrl G
|
Digunakan
untuk menuju sel atau range tertentu (kolom atau baris tertentu) sesuai
referensi yang di tuliskan
|
Khusus untuk penekanan Ctrl G, Microsoft Excel akan menampilkan kotak dialog seperti gambar di
bawah.
Gambar. Kotak Dialog Go To
Jika kotak dialog diisi
dengan alamat suatu sel lalu Anda klik OK,
maka pointer akan langsung menuju kealamat sel yang dimaksud.
Pointer terlebih dahulu
diarahkan ke suatu sel jika kita ingin mengisi sel tersebut dengan suatu data. Misalkan kita akan memasukkan angka 2000 pada sel A5. Caranya terlebih dahulu gerakkan pointer tersebut menuju ke sel
A5 kemudian ketik angka 2000, lalu tekan Enter. Maka angka 2000 akan tersimpan pada sel A5. Pada bagian atas muncul alamat sel
yang sedang ditunjuk saat itu(alamat sel aktif), dan angka yang Anda ketikkan
akan ditampilkan di dua tempat, yaitu di lokasi pointer dam di formula bar.
Jika perubahan Anda lakukan di formula bar, maka otomatis perubahan itu akan
terjadi juga di lokasi sel yang ditunjuk oleh pointer.
Microsoft
Excel bisa digunakan untuk bermacam-macam pekerjaan, maka
dari itu jenis data yang diolah pun bermacam-macam. Oleh karena itu Anda harus
mengenal kerakteristik masing-masing data terebut.
Jenis
Data
|
Karakteristik
|
Label
|
Data
teks biasa dan tidak bisa digunakan untuk operasi matematis.
|
Value
|
Data
yang dirancang dan digunakan untuk operasi matematis
|
Formula
|
Data
berupa rumus-rumus matematis
|
Function
|
Formula
yang siap digunakan karena secara default disediakan oleh Microsoft Excel.
|
Sebagai bahan latihan,
berikut ini akan digambarkan bagaimana menyajikan suatu data yang memiliki
nilai sama tetapi memiliki format tampilan yang berbeda.
Untuk memulainya
lakukan langkah-langkah berikut:
[1] Jalankan Microsoft Excel.
[2] Isi sel A2, B2, C2, dan D2 dengan angka 200
sehingga terbentuk lembar kerja seperti gambar di bawah.
[3]Arahkan pointer ke
posisi A2 dan blok sampai D2.
[4] Klik kanan dalam
lembar kerja tersebut , lalu klik Format
Cells. Setelah itu segera tampil seperti gambar di bawah.
Dengan cara yang sama
Anda bisa mencoba beberapa fungsi yang telah disediakan. Masukkan data-data
yang akan Anda coba kemudian lakukan dengan mengikuti langkah-langkah seperti
di atas.
Suatu data yamg
tampilannya telah diubah menggunakan fasilitas Format Cells dapat dikem ke keadaan semula dengan cara menghapus
format yang telah dipasang. Caranya terlebih dahulu sorot sel-sel yang akan
dihapus formatnya, kemudian pilih menu Edit,
Clear, Formats. Maka data akan kembali ke format sebelumnya. Sebagai
gambaran, Anda gunakan data di atas sebagai latihan.
Format suatu sel tidak
hanya meliputi nilai angkanya saja melainkan juga meliputi Aligment, Font, Border, Fill, dan Protection.
Misalnya angka 200 yang
telah dimasukkan dalam sel A2, B2, C2,
dan D2 akan Anda ubah menggunakan
format Aligment, caranya adalah sebagai berikut:
[1] Arahkan pointer ke
posisi A2 dan blok sampai dengan D2.
[2] Klik Format Cells, setelah itu segera tampil
seperti gambar di atas.
[3] Klik tab Aligment.
[4] Pada kolom Degrees Anda ketik menjadi 50, atau
Anda bisa menggunakan tombol dropdown.
Maka perubahan di kotak dialog Orientation akan terlihat.
[5] Klik OK untuk mengakhirinya. Hasilnya seperti
terlihat pada gambar di bawah ini.
Tinggi baris dan lebar
kolom dapat diubah ukurannya sesuai dengan keinginan. Cara yang harus Anda
lakukan untuk mengubah ukuran baris atau kolom pada prinsipnya sama.
Caranya sebagai
berikut:
[1] Blok baris yang
akan di ubah jaraknya dengan meng-klik angka yang ada dalam baris tersebut.
[2] Klik kanan di
lembar kerja Anda, lalu klik Row Height.
[3] Ketik di kotak
dialog Row Height, misalnya 13.
Setelah itu Anda klik OK.
Begitu juga apabila
Anda akan mengubah lebar kolom caranya sama seperti yang telah dijelaskan di
atas. Hanya bedanya yang dipilih bukan Row
Height melainkan Column Width
0 komentar