Pengertian Concatenating Cells pada Microsoft Excel

by - December 14, 2018

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi unggulan yang dibundel dalam Microsoft Office. Aplikasi canggih ini memiliki banyak fitur yang jarang diketahui dan digunakan. Salah satu fitur canggih yang jarang diketahui oleh masyarakat dan jarang digunakan adalah Concatenating Cells, yang berisi berisi data alphabet.
Fitur canggih dari Microsoft Excel ini sebenarnyasudah diperkenalkan sejak lama, namun penggunaan nya masih relative jarang. Padahal kalau dilihat manfaatnya, fitur ini sangat luar biasa dan bisa mempercepat proses penggabungan data.
Apa sebenarnya Concatenating Cells? Concatenating Cells secara sederhana dapat diartikan sebagai menggabungkan dua sel atau lebih yang berisi data alphabet menjadi data dalam satu sel.
Sebagai contoh, dalam sebuah data yang dibuat dengan aplikasi Microsoft Excel di mana terdapat data Nama Depan dan Nama Belakang, kemudian kita gabungkan data tersebut menjadi satu dan disimpan dalam sebuah sel. Jadi dengan demikian data yang sebelumnya dibuat dalam beberapa sel dengan Concatenating Cells data tersebut dapat di gabungkan menjadi satu.
Input Data
Sebagai gambaran, dalam mengisi Form umumnya Anda diminta untuk menuliskan nama depan dan nama belakang. Bahkah ketika Anda registrasi untuk membuat email di yahoo.com, gmail.com, msn.com, dan sebagainya, selain harus menuliskan nama depan dan nama belakang, biasanya Anda juga diminta untuk menuliskan nama keluarga. Dan masih banyak kasus yang memang memerlukan penulisan nama depan dan nama belakang tersebut. Termasuk ketika Anda mau membuat paspor, pasti Anda diminta menuliskan nama depan dan nama belakang.
Ketika nama depan dan nama belakang digabungkan kedalam satu sel, tentunya harus  menjadi kalimat yang yang tersambung serta bisa dibaca, dan yang jelas tidak mengubah artinya. Karena walaupun data tersebut digabungkan namun apabila hasil akhirnya memiliki pengertian yang berbeda/berubah, maka proses penggabungan tersebut tidak akan berguna atau bermanfaat.
Maka dari itu Concatenating Cells yang ada dalam Microsoft Excel ini bisa digunakan hanya untuk menggabungkan data yang tidak mengubah artinya. Misalnya nama depannya INFO dan nama belakangnya KOMPUTER, maka apabila digabungkan harus menjadi INFOKOMPUTER. Dengan Microsoft Excel hal ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.
Sebagai latihan, berikut ini adalah data yang sudah dimasukkan kedalam lembar kerja. Lembar kerja tersebut terdiri dari tiga kolom dan beberapa baris, di mana dalam kolom pertama (sel A1) berisi Nama Depan, dikolom kedua  (sel B1) berisi Nama Belakang, dan di kolom ketiga (sel C1) berisi Nama Lengkap. Kolom Nama Lengkap ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan data gabungan dari data yang ada di kolom Nama Depan dan kolom Nama Belakang.

Gambar. Lembar Kerja Awal Sebelum Ada Penggabungan
Menggabungkan Cells
Bagaimana caranya menggabungkan data dari dua atau beberapa sel menjadi data dalam satu sel? Dalam contoh gambar di atas, Anda akan mencoba menggabungkan data yang ada di sel A2 sampai dengan sel A9, dan data yang ada di sel B2 sampai dengan sel B9. Data yang ada di sel A2 tersebut akan digabungkan dengan data yang ada di sel B2, dan hasilnya akan disimpan di sel C2.
Begitu seterusnya sampai semua data yang ada di kedua kolom A dan B tersebut manjadi satu dalam sel C2 sampai dengan sel C9. Hasil akhirnya akan terlihat pada gambar dibawah ini.
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kolom C akan dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan data gabungan Nama Depan dan Nama Belakang. Bagaimana caranya? Pertama letakkan kursor pada sel C2 kemudian ketikkan =(Sama Dengan) di sel tersebut. Lalu pindahkan kursor ke sel A2, sehingga akan tampil =A2 di sel C2.

Gambar. Memasukkan Rumus di Sel A2 dan B2
Selanjutnya Anda tambahkan dengan cara mengetikkan karakter &” “& di belakang =A2 pada sel C2. Kemudian pindahkan kursor ke sel B2, sehingga akan menjadi =A2&” ”&B2. Untuk jelasnya perhatikan gambar di diatas. Untuk mengakhirinya tekan Enter dan hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah.

Gambar. Setelah Dimasukkan Rumus =A2&” “&B2 Hasil Akan Terlihat Seperti ini
Mengcopy Data
Untuk mengisi sel C3 sampai dengan sel C9 cukup dengan meng-copy rumus yang ada di sel C2. Selanjutnya hasil peng-copy-an tersebut dimasukkan ke dalam sel C3 sampai dengan sel C9.
Cara yang harus Anda lakukan adalah letakkan kursor di sel C2, kemudian lakukan perintah Copy. Setelah itu letakkan kursor di sel C3 lalu sorot dan tarik ke bawah sampai pada sel yang kita inginkan, dalam hal ini adalah sel C9. Untuk mengakhirinya tekan Enter.
Dengan beberapa langkah di atas, sel C3 sampai dengan sel C9 sudah sudah terisi data secara lengkap. Dan hasil penggabungan data secara keseluruhan dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Rumus ini kelihatan sengat sederhana, namun sayangnya hampir tidak pernah ada yang menggunakan rumus tersebut. Padahal kalau ditinjau dari manfaatnya, rumus ini sangat berguna terutama dalam database yang di dalamnya terdapat nama depan, nama tengah, dan nama belakang.
Lalu bagaimana seadainya Anda akan menggabungkan lebih dari dua sel? Sebagai contoh, apabila Anda akan menggabungkan Nama Depan(sel A2), Nama Tengah(sel B2), dan Nama Belakang(sel C2), maka rumus yang harus digunakan adalah =A2&” “&B2&” “&C2. Jadi apabila Anda akan menggabungkan data lebih dari dua sel, Anda cukup menambahkan “& &” yang gunanya untuk menambahkan data dari sel yang akan digabunggkan.
Kesimpulan
Rumus ini kelihatannya sangat sederhana tetaoi sangat berguna dalam pemakaiannya, terutama dalam database yang di dalamnya melibatkan penggabungan beberapa sel.
Jika Anda akan menggabungkan lebih dari 2 sel, misalnya untuk menggabungkan Nama Depan(sel A2), Nama Tengah(sel B2), dan Nama Belakang(sel C2), maka rumus yang harus digunakan adalah =A2&” “&B2&” “&C2. Jadi apabila Anda akan menambahkan “& &” yang gunanya untuk menmbahkan data yang dari sel yang akan digabungkan.

Dengan penggbungan tersebut data yang tadinya terpisah dalam beberapa sel akan menjadi satu dalam satu sel. Sehingga untuk membacanya jauh lebih mudah dan lebih sederhana.


You May Also Like

0 komentar