Pengertian Concatenating Cells pada Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah
salah satu aplikasi unggulan yang dibundel dalam Microsoft Office. Aplikasi canggih ini memiliki banyak fitur yang
jarang diketahui dan digunakan. Salah satu fitur canggih yang jarang diketahui
oleh masyarakat dan jarang digunakan adalah Concatenating Cells, yang berisi berisi data alphabet.
Fitur canggih dari
Microsoft Excel ini sebenarnyasudah diperkenalkan sejak lama, namun penggunaan
nya masih relative jarang. Padahal kalau dilihat manfaatnya, fitur ini sangat
luar biasa dan bisa mempercepat proses penggabungan data.
Apa sebenarnya Concatenating Cells? Concatenating Cells secara sederhana
dapat diartikan sebagai menggabungkan dua sel atau lebih yang berisi data
alphabet menjadi data dalam satu sel.
Sebagai contoh, dalam
sebuah data yang dibuat dengan aplikasi Microsoft
Excel di mana terdapat data Nama
Depan dan Nama Belakang,
kemudian kita gabungkan data tersebut menjadi satu dan disimpan dalam sebuah
sel. Jadi dengan demikian data yang sebelumnya dibuat dalam beberapa sel dengan
Concatenating Cells data tersebut
dapat di gabungkan menjadi satu.
Input Data
Sebagai gambaran, dalam
mengisi Form umumnya Anda diminta untuk menuliskan nama depan dan nama
belakang. Bahkah ketika Anda registrasi untuk membuat email di yahoo.com, gmail.com, msn.com, dan sebagainya, selain
harus menuliskan nama depan dan nama belakang, biasanya Anda juga diminta untuk
menuliskan nama keluarga. Dan masih banyak kasus yang memang memerlukan
penulisan nama depan dan nama belakang tersebut. Termasuk ketika Anda mau
membuat paspor, pasti Anda diminta menuliskan nama depan dan nama belakang.
Ketika nama depan dan
nama belakang digabungkan kedalam satu sel, tentunya harus menjadi kalimat yang yang tersambung serta
bisa dibaca, dan yang jelas tidak mengubah artinya. Karena walaupun data
tersebut digabungkan namun apabila hasil akhirnya memiliki pengertian yang
berbeda/berubah, maka proses penggabungan tersebut tidak akan berguna atau
bermanfaat.
Maka dari itu Concatenating Cells yang ada dalam Microsoft Excel ini bisa digunakan
hanya untuk menggabungkan data yang tidak mengubah artinya. Misalnya nama
depannya INFO dan nama belakangnya KOMPUTER, maka apabila digabungkan
harus menjadi INFOKOMPUTER. Dengan Microsoft Excel hal ini bisa dilakukan
dengan mudah dan cepat.
Sebagai latihan,
berikut ini adalah data yang sudah dimasukkan kedalam lembar kerja. Lembar
kerja tersebut terdiri dari tiga kolom dan beberapa baris, di mana dalam kolom
pertama (sel A1) berisi Nama Depan,
dikolom kedua (sel B1) berisi Nama Belakang, dan di kolom ketiga (sel C1) berisi Nama Lengkap. Kolom Nama
Lengkap ini nantinya akan digunakan untuk menyimpan data gabungan dari data
yang ada di kolom Nama Depan dan kolom Nama Belakang.
Gambar.
Lembar Kerja Awal Sebelum Ada Penggabungan
Menggabungkan
Cells
Bagaimana caranya
menggabungkan data dari dua atau beberapa sel menjadi data dalam satu sel?
Dalam contoh gambar di atas, Anda akan mencoba menggabungkan data yang ada di
sel A2 sampai dengan sel A9, dan data yang ada di sel B2 sampai dengan sel B9. Data yang ada di sel A2 tersebut akan digabungkan dengan
data yang ada di sel B2, dan
hasilnya akan disimpan di sel C2.
Begitu seterusnya
sampai semua data yang ada di kedua kolom A
dan B tersebut manjadi satu dalam
sel C2 sampai dengan sel C9. Hasil akhirnya akan terlihat pada
gambar dibawah ini.
Seperti yang telah
dijelaskan di atas bahwa kolom C akan
dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan data gabungan Nama Depan dan Nama
Belakang. Bagaimana caranya? Pertama letakkan kursor pada sel C2 kemudian ketikkan =(Sama Dengan) di sel tersebut. Lalu
pindahkan kursor ke sel A2, sehingga
akan tampil =A2 di sel C2.
Gambar.
Memasukkan Rumus di Sel A2 dan B2
Selanjutnya Anda
tambahkan dengan cara mengetikkan karakter &”
“& di belakang =A2 pada sel C2. Kemudian pindahkan kursor ke sel B2, sehingga akan menjadi =A2&” ”&B2. Untuk jelasnya
perhatikan gambar di diatas. Untuk mengakhirinya tekan Enter dan hasilnya akan
terlihat seperti gambar di bawah.
Gambar.
Setelah Dimasukkan Rumus =A2&” “&B2 Hasil Akan Terlihat Seperti ini
Mengcopy
Data
Untuk mengisi sel C3 sampai dengan sel C9 cukup dengan meng-copy rumus yang
ada di sel C2. Selanjutnya hasil
peng-copy-an tersebut dimasukkan ke dalam sel C3 sampai dengan sel C9.
Cara yang harus Anda
lakukan adalah letakkan kursor di sel C2,
kemudian lakukan perintah Copy.
Setelah itu letakkan kursor di sel C3
lalu sorot dan tarik ke bawah sampai pada sel yang kita inginkan, dalam hal ini
adalah sel C9. Untuk mengakhirinya
tekan Enter.
Dengan beberapa langkah
di atas, sel C3 sampai dengan sel C9 sudah sudah terisi data secara
lengkap. Dan hasil penggabungan data secara keseluruhan dapat dilihat pada
gambar di bawah ini.
Rumus ini kelihatan
sengat sederhana, namun sayangnya hampir tidak pernah ada yang menggunakan
rumus tersebut. Padahal kalau ditinjau dari manfaatnya, rumus ini sangat
berguna terutama dalam database yang di dalamnya terdapat nama depan, nama
tengah, dan nama belakang.
Lalu bagaimana
seadainya Anda akan menggabungkan lebih dari dua sel? Sebagai contoh, apabila
Anda akan menggabungkan Nama Depan(sel
A2), Nama Tengah(sel B2), dan
Nama Belakang(sel C2), maka rumus
yang harus digunakan adalah =A2&”
“&B2&” “&C2. Jadi apabila Anda akan menggabungkan data lebih
dari dua sel, Anda cukup menambahkan “&
&” yang gunanya untuk menambahkan data dari sel yang akan digabunggkan.
Kesimpulan
Rumus ini kelihatannya
sangat sederhana tetaoi sangat berguna dalam pemakaiannya, terutama dalam
database yang di dalamnya melibatkan penggabungan beberapa sel.
Jika Anda akan
menggabungkan lebih dari 2 sel, misalnya untuk menggabungkan Nama Depan(sel A2), Nama Tengah(sel B2), dan Nama Belakang(sel C2), maka rumus yang harus
digunakan adalah =A2&”
“&B2&” “&C2. Jadi apabila Anda akan menambahkan “& &” yang gunanya untuk
menmbahkan data yang dari sel yang akan digabungkan.
Dengan penggbungan
tersebut data yang tadinya terpisah dalam beberapa sel akan menjadi satu dalam
satu sel. Sehingga untuk membacanya jauh lebih mudah dan lebih sederhana.
0 komentar