Cara mudah mengedit bentuk wajah menggunakan Photoshop.

by - December 28, 2018

Baiklah kali saya akan berbagi sidikit pengetahuan tentang mengedit foto menggunakan photoshop, sebelum memulai terlebih dahulu siapkan foto yang akan di edit. Foto apapun bisa di pakai untuk latihan, asal foto itu berjenis close up biar telinganya bisa diperbesar.
Kira-kira hasil editannya akan seperti ini.


Langkah 1: Silahkan Anda klik menu Filter > Liquify.
Langkah 2: Lantas, Anda langsung saja pilih ikon Forward Warp Tool. Biar cepat, Anda perbesar kuas dengan menekan ] berkali-kali. Kalau ingin diperkecil, tekan yang [.
Langkah 3: Sekarang telinga bisa diperbesar. Caranya, cukup digosok berkali-kali di ujung telinga kea rah luar. Ya mirip menjewer telingan anak bandel. Tapi ketika “menjewer” harap berhati-hati dan bertahap agar hasilnya bagus.
Langkah 4: Kalau sudah selesai satu telingan, pindah ke telinga satunya lagi kecuali telinga yang di foto hanya satu daun telinga.
Langkah 5: Kalau telinganya sudah rampung, kita ganti ke alisnya. Kita angkat alisnya satu per satu kea rah atas. Satu persatu agar hasilnya bagus.
Untuk gigi kelincinya, Anda bisa ambil dari situs ini
Langkah 6: Buka file gambar yang isinya kelinci sedang menggigit kayu menggunakan photoshp juga. Kalau sudah, sekarang kamu boleh klik Move Tool.
Langkah 7: Klik-drag file gambar kelinci itu ke kanvas foto. Terus kalau sudah berpindah di situ, putar dengan memilih menu Edit > Transform > Rotate. Putar sesuai dengan arah mulut biar nanti giginya pas. Jangan lupa klik ikon centan jika sudah selesai.
Langkah 8: Kali ini kita tidak akan menghilangkan obyek kelinci, kayu, sama background-nya pakai Eraser Tool. Sebaliknya, kita akan coba memakai prinsip Layer Mask. Jadi intinya, nanti obyek-obyek yang tidak penting itu (Kelinci, kayu, dll) akan kita sembunyikan. Caranya, klik ikon Add Layer Mask yang ada di bawah panel Layers.
Langkah 9: Kalau Anda perhatikan, di samping layer tempat gambar kelinci akan muncul kotak kecil. Itu namanya Layer Mask, warnanya putih tapi kalau kita sapu pakai warna hitam, obyek yang tersapu akan di sembunyikan di kanvas. Jadi bakal tidak kelihatan. Pilih Brush Tool.
Langkah 10: Pastikan warna latar depan yang aktif adalah warna hitam. Kalau tidak pasti, tekan aja tombol D. Setelah itu sapukan sedikit demi sedikit ke obyek kelinci, kayu, dan sekitarnya sampai hilang dari kanvas. Tapi sebenarnya foto itu tidak hilang, hanya disembunyikan sama photoshop. Nah nanti di dalam layer mask kira-kira seperti ini.
Gambar
Langkag 11: Kalau misalnya ada gigi yang ikut kehapus, cukup ganti saja warna latar depan yang aktif jadi putih. Klik saja huruf X untuk memutar warnanya. Lalu sapukan Brush Tool itu ke area gigi yang ikut terhapus tadi. Jadi idenya, warna hitam fungsinya untuk menyembunyikan gambar. Kalau putih untuk menampilkan gambar yang tadi disembunyikan.
Biar tambah kece kita akan menambahkan ingus palsu, caca bikin nya seperti ini:
Langkah 1: Pilih Custom Shape Tool dulu di toolbox. Terus Anda perhatikan, dibagian atas (dibawah menu window) ada kotak kecil tulisan nya Shape. Klik anak panah yang ada di samping Shape itu supaya muncul kotak kecil yang isinya beragam bentuk obyek. Anda pilih saja bentuk air menetes.
Langkah 2: Arahkan kursor mouse di bawah hidung. Klik-drag untuk bikin tetesan air dari hidung itu
Langkah 3: Biar obyek itu mirip ingus kita bikin efek-efek khusus. Anda bisa klik menu Layer > Layer Style Inner Shadow. Di samping teks Blend Mode, pilih saja Soft Light. Lalu di sampingnya lagi ada kotak warna. Klik-ganda terus pilih warna putih. Lantas untuk Angle, pilih yang 90 derajat. Khusus untuk Distance, Anda bisa atur jarak bayangan dengan obyek. Kira-kira isi saja angka 11. Choke dan Size di isi angka 0 saja.
Langkah 4: Sekarang klik efek Outer Glow. Lihat di samping kiri dan kamu akan lihat Outer Glow yang letaknya persis di bawah inner shadow. Pertama-tama kamu ganti tulisan yang ada di samping Blend Mode jadi Normal. Terus geser Opacityb sampai posisi 89. Di bawahnya ada dua kotak warna, yang kiri warna solid dan yang kanan warna gradasi. Pilih saja warna solid. Klik kotak warna itu lalu Anda pilih warna hitam. Nanti kalau sudah, geser Size ke kanan sedikit sampai posisi 5 px.
Langkah 5: Kalau sudah Anda pindah ke Gradient Overlay dengan cara klik pilihan itu (ada jauh di bawah Outer Glow). Atur dulu Opacity-nya dengan cara geser ke kiri sampai angka 28%. Tujuannya, supaya warna gradasinya tidak terlalu tajam. Nanti ganti tulisan di samping Style jadi Reflected. Sedangkan untuk Angle, geser sampai posisi 0 agar gradasinya nanti dari kanan ke kiri.
Langkah 6: Di situ ada tulisan Gradient lalu di kanannya ada semacam garis yang isinya warna gradasi. Anda harus edit warnanya supaya ingusnya punya warna bening. Klik garis gradasi itu. Kemudian Anda akan masuk ke Gradient Editor. Di bawah ada 4 segitiga, dua menghadap bawah dan dua lagi menghadap atas. Klik dulu yang menghadap bawah sebelah kiri Lalu di bawahnya ada kotak Color. Klik itu dang anti dengan warna putih. Kalau sudah, klik segitiga yang menghadap ke bawah yang ada di kanan atas. Di bawahnya ada kotak Opacity. Isi saja dengan angka 0.
Langkah 7: Lalu tekan saja tombol OK berkali-kali sampai balik lagi ke kanvas. Hasilnya, ingus itu sudah realistis.





 

You May Also Like

0 komentar