Cara menggunakan Layer Mask pada Photoshop.

by - January 09, 2019

Selamat datang di blog saya, kal saya akan membahas tentang Layer Mask yang fungsinya bisa di ibaratkan sebuah topeng hitam. Kalau Anda pakai topeng hitam yang menutup semua area wajah kecuali mata dan mulut, ya pasti tnggal 2 bagian tubuh itu yang terlihat oleh orang lain. Layer mask juga begitu. Semua yang tertutup warna hitam bakal tidak terlihat di kanvas. Selabaliknya, kalau kita ingin menampilkan bagian yang sudah terlanjut di sembunyikan menggunakan layer mask, cukup ganti warnanya jadi putih. Lalu, warna hitam tadi di sapu dengan warna putih.
Oleh karena itu, Layer Mask itu kaitannya selalu dengan Brush Tool dan warna hitam serta putih (termasuk abu-abu).
Nah untuk membuat layer mask, caranya cukup gampang. Sediakan gambar yang akan jadi obyek editing. Disini saya mnggunakan gambar Monyet.

Rencananya, kita ingin background di belakang kucing itu di sembunyikan. Jadi nanti di kanvas, kita tidak akan melihat background-nya lagi. Yang kita lihat tinggal kucingnya saja. Untuk itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
·         Langkah 1: Layer mask itu akan bisa bekerja di layer Background. Jadi, klik ganda pad layer Background.
·         Langkah 2: Nanti akan muncul kotak dialog New Layer. Tekan saja tombol OK. Perhatikan, Layer yang tadinya bernama Background. Sekarang sudah jadi Layer 0.
·         Langkah 3: Di bagian bawah Panel Layers itu ada deretan ikon-ikon. Salah satunya bernama Add Layer Mask. Klik saja ikon itu.
·         Langkah 4: Karena Layer Mask pasangan nya adalah Brush Tool, maka klik Brush Tool agar aktif.
·         Langkah 5: Kalau sudah, cek  warna latar depan yang saat ini sedang aktif. Warna yang aktif harus hitam, bukan merah, hijau, biru, ataupun lainnya. Harus warna hitam. Agar jadi hitam, tekan huruf D. tapi kalau hitam jadi warna latar belakang dan putih jadi warna latar depan putar saja dengan menekan huruf X.
·         Langkah 6: Lalu tekan tombol F5 supaya muncul jendela Brushes. Nah, disini kita bebas mau memilih menggunakan Brush yang tepiny halus atau solid (tegas). Itu semua sebenarnya tergantung selera atau kebutuhan. Nanti Anda akan mengalami serunya pakai kuas yang tepinya halus dan tegas sekaligus kalau sering latihan. Untuk sementara ini, pilih salah satunya saja.


·         Langkah 7: sekarang coba Anda sapukan ke latar belakang si monyet perlahan-lahan. Apa yang terjadi? Latar belakang jadi hilang? Jangn khawatir. Latar belakangnya tidak hilang betulan tapi hanya di sembunyikan pakai layer mask, nanti bisa ditampilkan lagi.
·         Langkah 8: Yang Anda butuhkan adalah ketelatenan, cobalah ganti-ganti bentuk kuas dengan yang lain. Kalau ukurannya terlalu kecil, perbesar dengan menekan tombol ] secara menerus. Tapi kalau ukurannya terlalu besar, perkecil dengan tombol [  yang di tekan secara terus menerus, lakukanlah secara teliti agar hasilnya bagus dan rapih.


·         Langkah 9: Nanti yang terlihat di layer mask seperti gambar di bawah ini. Nah, warna hitam mewakili area yang disembunyikan sedangkan warna putih sebaliknya, yaitu area yang terlihat di dalam kanvas.


Baiklah sekian langkah-langkah yang dapat saya bagi semoga bermanfaat bagi pembaca, terima kasih juga telah mengunjungi blog saya, terima kasih.



You May Also Like

0 komentar