Kelebihan dan Kekurangan PHP

by - December 26, 2019


Selamat datang di Blog Febritsm

PHP adalah suatu bahasa pemograman yang digunakan untuk menerjemahkan baris kode program menjadi kode mesin yang dapat dimengerti oleh komputer yang bersifat server-side yang dapat ditambahkan kedalam HTML. Dan berikut adalah kelebihan dan kekurangan PHP:



Kelebihan PHP
Bahasa pemograman PHP merupakan bahasa pemograman yang paling banyak digunakan, tentuk dengan berbagai alas an, salah satunya mempunyai beberapa kelebihan dibandinkan dengan bahasa pemograman lainnya yang sejenis. Berikut ini kelebihan bahasa pemograman PHP:

PHP adalah multiplatform yang artinya dapat berjalan di berbagai mesin dan sistem operasi(Linux, Unix, Macintosh, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat dijalankan perintah-perintah sistem lainnya.

PHP bersifat open source yang berarti dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis.

Web server yang mendukung PHP dapat ditemukan di mana-mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, nginx, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah dna tidak berbeli-belit, bahkan banyak yang membuat dalam bentuk paket atau package(PHP, Mysql dan Web Server).

Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyak milis-milis, komunitas, dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.

Dalam sisi pemahaman, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena karena memiliki referensi yang banyak.

Banyak bertebaran Aplikasi dan Program PHP yang gratis dan siap pakai seperi Wordpress, Prestashop, dan lain-lain.

Dapat mendukung database, seperti Mysql, Oracle, dan sebagainya.

Kekurangan PHP

Dari sekian banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemograman PHP, tentuk tidak berarti ada kekuranganya. Berikut ini kekurangan bahasa pemograman web PHP yang mungkin menjadi pertimbangan dalam memilih bahasa pemograman ini:

PHP tidak mengenal Package.

Jika tidak di-enkoding, maka kode PHP dapat dibaca oleh semua orang dan untuk meng-enkoding-nya dibutuhkan tool dari zend yang mahal sekali biayanya.

PHP memiliki kelemahan keamanan. Jadi Programmer harus jelidan berhati-hati dalam melakukan pemograman dan konfigurasi PHP.
Sekian yang bisa saya share semoga bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.
 

You May Also Like

0 komentar