Pengertian, Sejarah, dan Prinsip Kerja PHP

by - December 25, 2019



Pengertian PHP

Menurut sebero (2012:49), “PHP (Personal Home Page) adalah pemograman (interpreter) adalah proses penerjemah baris sumber menjadi kode mesin yang dimengerti komputer secara langsung pada saat baris kode dijalankan”.
Menurut Kustiyahningsih (2011:144), “PHP (atau resminya PHP: Hypertext Preprosesor) adalah skrip bersifat serversideI yang ditambahkan ke dalam HTML. PHP sendiri merupakan singkatan dari Personal Home Page Tools. Skrip ini akan membuat halaman web tidak lagi bersifat statis, namun menjadi bersifat dinamis. Sifat serverside berarti kode kode program dilakukan di server, baru hasilnya dikirimkan ke browser”.

Berdasarkan pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa PHP adalah suatu bahasa pemograman yang digunakan untuk menerjemahkan baris kode program menjadi kode mesin yang dapat dimengerti oleh komputer yang bersifat server-side yang dapat ditambahkan kedalam HTML.

Sejarah PHP

Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs Personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masig bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data form web.

Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP dirubah menjadi akronim berulang PHP:Hypertext Preprocessing.
PHP difokuskan pada scripting server-side, jadi Anda dapat melakukan apa yang bisa dilakukan CGI dengan menggunakan PHP seperti mengambil data imputan form, meng-generate konten halaman dinamis, megirim dan menerima cookies dan masih banyak lagi. Kemampuan dan supportnya untuk database juga sangan diandalkan.

Prinsip Kerja PHP

Bahasa pemograman PHP merupakan Bahasa pemograman yang dikategorikan kepada server-side Programming, yang artinya bahasa pemograman ini memerlukan penerjemah dalam hal ini web server untuk menjalankannya. Berikut ini diberikan gambaran tentang cara kerja bahasa pemograman PHP.

Gambar: Prinsip Kerja PHP
Penjelasan Gambar:

Client/user mengirimkan file PHP (menggunakan browser) melalui web server (seperti internet Exploler, Mozila Firefox, Google Crome, dll).
Web server mendapatkan request atau permintaan dari user lalu meneruskan ke Server malalui jaringan internet.
Web server mendapatkan request atau permintaan dari user lalu meneruskan permintaan file PHP tersebut ke PHP processor. PHP processor dapat berupa modul (Bagian dari web-server) atau terpisah (sebagai CGI/Fast-CGI).
Permintaan diproses oleh PHP dan diteruskan ke database (jika terdapat permintaan ke database), kemudian hasilnya dikirim kembali ke web server.
Web server memaket kembali hasil tersebut dengan menambahkan HTTP header dan dikirim kembali ke browser melalui jaringan internet.
Browser memproses HTTP paket dan menampilkannya kembali kepada user sebagai file HTML.
Sekian yang bisa saya share kepada pembaca, semoga bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

You May Also Like

0 komentar